Sabtu, 12 Januari 2013

Tips dan sukses menghadapi SNMPTN

oleh : Rarastiti Kusuma Nugraheni

SNMPTN merupakan salah satu cara yang diminati untuk masuk ke PTN, bagaimana tidak ada bebrapa keunggulan yang bisa diperoleh diantaranya keringanan biaya studi. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat masuk ke PTN dengan melalui jalur SNMPTN?
Ada beberapa hal yang dapat diikiti agar dapat diterima di PTN melalui jalur SNMPTN, berikut tips-tipsnya:

1. persiapkan mental, dan kondisi fisik sebelum mengikuti ujian SNMPTN.

2. Pilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat, jangan mengikuti trend sesaat, karena itu bisa membuat tidak bisa menikmati kuliah nantinya bila diterima. Lalu lihat juga akreditasinya, karena akreditasi merupakan patokan kualitas Universitas saat ini, termasuk patokan untuk Uneversitas Negeri.

3. Ikuti bimbingan belajar, namun bila tidak bisa kerjakan soal-soal SNMPTN tahun-yahun sebelumnya.


4. Latihan dulu untuk mengisi lembar-lembar yang diberikan oleh pihak universitas, karena apabila sampai salah sedikit saja maka akan menyebabkan tidak diterimanya di universitas tujuan.

5. Persiapkan alat tulis, terutama pensil dan karet penghapus, jangan menggunakan pensil dan karet penghapus yang kualitasnya tidak terjamin.

6. Yang terpenting dan paling utama adalah selalu berdoa kepada Allah SWR karena pertolongan akan diberikan kepada kita bila kita dekat Pada-Nya, dan mintalah restu kepada kedua orangtua sebelum mengikuti ujian SNMPTN.

7. Simpan baik-baik kartu ujian kalian jangan sampai hilang karena itu akan digunakan untuk verivikasi katika diterima di universitas.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri makan ya :)