Kamis, 17 Oktober 2013

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS 4

GLOBALISASI


Pernahkah kamu mendengar istilah globalisasi?Mungkin istilah ini masih asing bagi kamu.Memang istilah ini termasuk kosakata baru.Istilah globalisasi digunakan untuk menggambarkan kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita.Adanya globalisasi memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat.Ada yang berpengaruh baik, tetapi ada juga pengaruh buruknya.Apa saja pengaruh globalisasi tersebut? Bagaimana sebaiknya sikap kita menghadapi globalisasi?Dengan belajar tentang globalisasi, diharapkan kamu bias menyebutkan pengaruh globalisasi yang ada di lingkunganmu masingmasing. Selain itu, kamu juga dapat menyebutkan budaya-budaya Indonesia yang pernah tampil di luar negeri sebagai dampak dari globalisasi.Kamu juga diharapkan dapat memilih mana produk yang baik sehingga meningkatkan kemajuan dan dapat menghindari pengaruh buruk globalisasi.
Adanya globalisasi menyebabkan budaya asing dengan mudah masuk ke Indonesia.Budaya asing tersebut membawa pengaruh baik dan buruk bagi masyarakat Indonesia.Oleh karena itu, kita harus dapat memilih mana budaya yang sesuai dan bertentangan dengan budaya Indonesia.

A.          Contoh Pengaruh Globalisasi di Lingkungan Sekitar

1. Pengertian Globalisasi
Globalisasi belum memiliki arti yang pasti.Untuk mengartikannya tergantung dari sisi mana orang melihatnya.Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain.
Anggapan yang ada selama ini tentang globalisasi adalah bahwa proses globalisasi akan membuat dunia seragam. Proses globalisasi akan menghapus identitas dan jati diri. Kebudayaan lokal atau daerah akan tersisih oleh kekuatan budaya besar atau kekuatan budaya global. Misalnya saja tradisi gotong royong yang biasa dilakukan masyarakat di desa, sekarang ini mulai sedikit orang yang mau melakukan.Masyarakat mulai bersifat individualisme yaitu mementingkan diri sendiri.Anggapan itu tidak sepenuhnya benar.Kemajuan teknologi komunikasi memang telah membuat batas dan jarak menjadi hilang dan tidak berguna.
Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya globalisasi di dunia :
a.       Adanya sikap saling ketergantungan antara satu negara dengan
negara lain terutama di bidang ekonomi.
b.      Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan
hidup.
c.   Berkembangnya barang-barangseperti telepon genggam, televise satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya. 
d.      Peningkatan interaksi kultural(kebudayaan) melalui perkembangan media
massa (terutama televisi, film, musik, berita, dan olahraga internasional). Saat ini, kita mendapatkan gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal tentang beranekaragamnya budaya, misalnya dalam hal pakaian dan makanan.

2. Pengaruh Globalisasi

Kalau bicara pengaruh maka akan kita bahas yang baik dan yang buruk dari adanya globalisasi.
Berikut pengaruh baik dari adanya globalisasi.
a. Kemajuan di bidang komunikasi dan transportasi.
b. Meningkatnya perekonomian masyarakat dalam suatu negara.
c. Meluasnya pasar untuk produk dalam negeri.
d. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebihbaik.
e. Menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi.

Sedangkan pengaruh buruk dari adanya globalisasi antara lain:
a.       Gaya hidup bebas, narkoba, dan kekerasan menjadi mudah masuk dalam
 kehidupan masyarakat Indonesia.
b.   Masyarakat cenderung mementingkan diri sendiri.
c.   Karena banyaknya barang yang dijual, maka masyarakat menjadi
      konsumtif.

3. Contoh Pengaruh Globalisasi

Tanpa disadari budaya asing yang masuk ke Indonesia telah memengaruhi perilaku masyarakat Indonesia.Berikut ini contoh pengaruh globalisasi di lingkungan sekitar.

a. Gaya Hidup
Gaya hidup tradisional di zaman globalisasi ini sudah semakin berkurang dan bahkan cenderung untuk ditinggalkan oleh masyarakat sekarang ini. Masyarakat cenderung memilih menerapkan gaya hidup modern daripada gaya hidup tradisional. Alasan mengapa masyarakat memilih gaya hidup modern adalah karena semuanya serba mudah, cepat, dan ekonomis.
Selama ini, kita sudah terbiasa dengan prinsip “biar lambat asal selamat”.Prinsip tersebut melambangkan bahwa kita belum mampu menghargai waktu yang tepat dan optimal. Akibat globalisasi, gayahidup masyarakat sudah mulai berubah. Mereka sudah tahu betapa pentingnya waktu. Apabila kita membuang-buang waktu, maka akanmengalami kerugian, sebab waktu tidak bisa diputar kembali.
Globalisasi juga berdampak buruk terhadap gaya hidup masyarakat. Contohnya ada sebagian masyarakat kita meniru gayahidup bangsa lain yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita,seperti mabuk-mabukan, suka berpesta pora, berperilaku kasar sertakurang menghormati orang yang lebih tua. Gaya hidup seperti itu haruskita jauhi karena tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku dimasyarakat.

b. Makanan
Makanan pokok bangsa Indonesia sebagian besar adalah nasi.Namun, ada juga yang berasal dari jagung maupun sagu. Makanan pokok tersebut sebelum disajikan harus diolah terlebih dahulu, dan proses pengolahannya membutuhkan waktu yang lama.
Dengan adanya globalisasi kebanyakan orang mulai cenderung beralih mengonsumsi makanan yang cepat saji. Cepat saji maksudnya adalah makanan yang singkat dalam penyajiannya dan tidak menunggu proses pemasakan yang lama. Makanan cepat saji biasa disebut fastfood.Makanan cepat saji sekarang banyak dan mudah sekali ditemui.Di samping itu juga ada makanan yang pembungkusnya menggunakan aluminium foil, biasanya makanan untuk anak-anak. Selain makanan juga ada minuman dalam kaleng, sehingga mudah dan dapat langsung diminum.Contoh makanan yang ada karena globalisasi: pizza, spagheti, burger, hot dog, hamburger, sushi, steak, puyunghai, dan donat. Contoh minuman: banyak bermunculan minuman isotonik.
Dengan adanya makanan cepat saji yang berasal dari luar negerimembuat orang merasa bangga jika bisa memakannya.Karena jika memakannya berarti disebut orang yang modern dan tidak ketinggalan zaman.Makanan cepat saji tidak semuanya aman untuk kesehatan.Jika ingin menikmati makanan atau minuman cepat saji, pilihlah jenis makanan atau minuman yang benar-benar aman untuk kesehatan.Tanyakan pada orang tuamu tentang aman tidaknya makanan atau minuman itu untuk kesehatan.Apakah kamu suka makanan atau minuman cepat saji?

c. Pakaian
Pakaian merupakan bahan yang kita gunakan untuk menutup auratdan melindungi badan.Pakaian juga berfungsi untuk kesopanan.Pakaian yang dipakai pada zaman dahulu dengan zaman sekarang berbeda.Pada zaman dahulu pakaian sangat sederhana yang penting bisa digunakan untuk menutup aurat, melindungi tubuh, serta menjaga kesopanan.
Pakaian digunakan sebagai trend, modelnya bermacam-macam.Negara yang dianggap trend center pakaian adalah Prancis (Paris).Mode dari Paris banyak ditiruoleh negara-negara di dunia.Misalnya model atau bentuk pakaian sekarang ini kebanyakan pakaian minim dan terbuka, yang dianggap tidak sesuai dengan kebudayaan bangsa Indonesia. Contoh lain adalah baju jas yang merupakan budaya bangsa barat sudah digunakan oleh sebagian masyarakat kita pada acara-acara resmi atau resepsi. Begitu pula dengan celana jeans dan T-shirt.Masyarakat kita sudah terbiasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

d. Komunikasi
Komunikasi juga merupakan contoh pengaruh dari globalisasi.Komunikasi adalah suatu hubungan seseorang dengan orang lain.Komunikasi dapat dilakukan dengan dua orang atau lebih. Dahulu komunikasi antara wilayah menggunakan jasa pos yaitu surat yang sampainya bisa mencapai satu sampai dua hari, kemudian berkembang dengan telepon rumah. Namun, sekarang ini di era globalisasi jika akanberkomunikasi baik satu arah maupun dua arah dengan orang lain yang berbeda wilayah sangat mudah, cepat, dan murah. Sarana yangdigunakan misalnya teleponkabel, telepon seluler, internet, e-mail, dan faksimile.Dengan adanya alat komunikasi yang canggih kita dapat melakukan hubungan dengan siapa saja di dunia ini.
Sekarang ini banyak ditemui warung-warung internet, maka orang akan mudah mencari segala macam informasi yang ada di seluruh dunia. Adanya telepon genggam merupakan alat komunikasi yang praktis, canggih, dan mudah dibawa ke mana saja.

B. Jenis Budaya Indonesia yang Pernah Ditampilkan
dalam Misi Kebudayaan Internasional

1. Jenis Budaya Indonesia
Kebudayaan Indonesia dapat diartikan sebagai seluruhkebudayaan lokal yang telah ada sebelum terbentuknya bangsa Indonesia pada tahun 1945.Seluruh kebudayaan lokal yang berasal dari suku-suku bangsa di Indonesia merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia.
Kebudayaan Indonesia walau beraneka ragam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India, dan kebudayaan Arab.Kebudayaan India terutama masuk dari penyebaran agama Hindu dan Buddha di Nusantara jauh sebelum Indonesia terbentuk.Kerajaankerajaan yang bernapaskan agama Hindu dan Buddha sempat menguasai Nusantara pada abad ke-5 Masehi ditandai dengan berdirinya kerajaan tertua di Nusantara, yaitu Kutai.
Berikut ini jenis kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai suku bangsa di Indonesia.

a. Kategori Tradisional
1)         Tarian daerah
2)         Lagu daerah
3)         Musik daerah
4)         Alat musik daerah
5)         Gambar/tulisan
6)         Patung
7)         Kain
8)         Suara
9)         Sastra/tulisan
10)       Makanan dan minuman

b. Kategori Modern
1) Musik dangdut : Elvie Sukaesih, Rhoma Irama, Ikke Nurjanah, dan lain-lain.
2) Musik pop : Raja, Ratu, Peterpan, dan lain-lain.
3) Film Indonesia : “Daun di Atas Bantal” (1998) yang mendapat penghargaan Film
terbaik di Asia PacificFilm Festival di Taipei.
4) Sastra : Pujangga Baru

2. Misi Kebudayaan Internasional
Globalisasi memengaruhi hampir semua bidang yang ada dimasyarakat, termasuk di antaranya bidang sosial budaya.Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai nilai yang dianut oleh masyarakat. Nilainilai berkaitan dengan apa yang terdapat dalam alam pikiran. Tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan. Sebagai salah satu hasil pemikiran dan penemuan seseorang adalah kesenian yang merupakan bagian dari kebudayaan.
Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu ke seluruh dunia.Awal mula dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini.
            Namun, perkembangan globalisasi kebudayaan terjadi pada awalabad ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi.Perubahan tersebut menjadikan komunikasi antarbangsa lebih mudah dilakukan, hal ini menyebabkan semakin cepatnya perkembangan globalisasi kebudayaan.Sebagai suatu bangsa kita juga harus berhubungan dengan bangsa lain yang memiliki budaya yang berbeda. Dengan adanya kerja samaantara negara-negara di dunia maka tidak menutup kemungkinan budaya asing akan masuk ke bangsa Indonesia. Namun, tidak semua budaya asing dapat masuk ke Indonesia, karena masuknya budaya asing harus melewati penyaringan yang ketat.Penyaringan budaya asing yang masuk ke Indonesia adalah dengan didasarkan pada ciri khas kepribadian bangsa yaitu Pancasila. Jika budaya itu sesuai dengannilai-nilai Pancasila maka budaya asing itu akan kita terima, sebaliknya jika bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila maka akan ditolak. Dengan penyaringan yang ketat ini akan membawa dampak yang positif bagi bangsa Indonesia. Meskipun banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia, tetapi bangsa Indonesia juga tidak ketinggalan.Banyak juga barang, jasa, dan budaya Indonesia yang dikirim ke luar negeri.Misalnya kain atau tekstil dan pakaian jadi banyak yang dikirim dan diminati oleh warga asing.Ukir-ukiran dan berbagai jenis patung juga banyak yang telah diekspor ke luar negeri.Selain barang dan jasa, banyak juga budaya terutama budaya seni Indonesia yang telah tampil di luar negeri dalam rangka misi kebudayaan internasional. Kegiatan ini juga dapat mempererat kerja sama antarbangsa sehingga meningkatkan persatuan dan kesatuan seluruh bangsa-bangsa di dunia.
Contoh tim kesenian yang pernah tampil dalam rangka misikebudayaan internasional antara lain:
a.       Kelompok kesenian Bougenville yang berasal dari Kalimantan Barat, diundang ke Madrid Spanyol untuk mengikuti Festival Asia yaitu tahun 2003.
b.      Tim kesenian Sumatera Selatan dalam acara Festival Gendang
Nusantara, di Malaysia.
c.       Tim kesenian Nanglang Danasih, tampil di Roma Italia dalam acara Festival Seni
Internasional.
d.      Tim kesenian Bali mempertunjukkan Sendratari Ramayana dalam Festival
Kebudayaan Internasional di India, dan lain-lain.

Misi tim kesenian Indonesia di luar negeri antara lain:
a.       Dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam kepada dunia internasional sehingga mampu menarikwisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia.
b.      Meningkatkan kerja sama yang baik dengan luar negeri di bidangkesenian.
c.       Meningkatkan kerukunan dengan bangsa lain.

C.     Sikap terhadap Pengaruh Globalisasi yang TerjadidiLingkungan Sekitar

Globalisasi berkembang sangat cepat dan sudah melanda keseluruh dunia.Globalisasi sangat memengaruhi tingkah laku kehidupan masyarakat.Kita tidak bisa menolak pengaruh globalisasi dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Apabila bangsa Indonesia menolak, maka bangsa Indonesia akan semakin tertinggal dalam pergaulan antarbangsa di dunia dan menjadi bangsa yang terbelakang. Namun, kita juga tidak boleh menerima segala hal yang berasal dari luar sebagai sesuatu yang baik bagi bangsa Indonesia.Kita harus bisa lebih selektif dan kritis terhadap pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia.Pengaruh yang masuk akibat globalisasi ada yang berpengaruh positif, tetapi ada pula yang berpengaruh negatif.
Pengaruh globalisasi yang positif berarti telah disaring oleh Pancasila, sehingga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.Dengan pengaruh yang positif juga dapat membawa kemajuan suatu bangsa.Sedangkan pengaruh negatif dari globalisasi berarti tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, sehingga tidak perlu kita terapkan melainkan harus kita hindarkan, karena dapat merusak bahkan membawa pengaruh yang lebih buruk bagi perkembangan bangsa.Meskipun globalisasi terus berjalan kita tidak harus selalu mengikuti.
Untuk dapat menyikapi globalisasi yang terus berkembang denganpesat adalah dengan membentengi diri kita yaitu dengan agama.Dengan agama kita dapat mengendalikan diri kita dari segala pengaruh.Dengan hal-hal tersebut diharapkan kita dapat menyikapi dampak negatif dari globalisasi.

Contoh budaya asing yang harus kita tolak antara lain gaya hiduphedonistik (hidup berhura-hura), sikap atheis (tidak mengakui Tuhan), berpakaian yang sangat terbuka, individualistik, mabuk-mabukan, dan berjudi. Sebaliknya, terhadap budaya asing yang positif kita harus mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Misalnya, sikap etos kerja yang tinggi, menghargai waktu, dan menepati janji.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong beri makan ya :)